Yuuk Hemat Energi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia energi merupakan daya untuk melakukan segala sesuau. Sementara dalam ilmu fisika, energi berarti kemampuan untuk bekerja. Menurut buku Konversi Energi karya Soetyono Iskandar dan Djuanda, terdapat 9 jenis energi yaitu:

  1. listrik
  2. Kinetik
  3. potensial
  4. mekanik
  5. elektromagnetik
  6. nuklir
  7. termal
  8. angin

Berdasakan ketersediaannya energi juga dapat dibagi menjadi energi terbarukan dan tak terbarukan.. Energi terbarukan adalah energi yang berasal dari air, matahari, geotermal, angin dan sebagainya. Sedangkan energi yang tak terbarukan yang cadangannya terbatas seperti gas alam, minyak bumi, dan batu bara. Salah satu energi yang sangat penting untuk dilakukan penghematan adalah energi listrik.

Apa yang harus kita lakukan untuk menghemat listrik?

Beralih ke lampu LED

Lampu LED memiliki banyak kelebihan daripada lampu biasa. Bola lampu biasa mengubah 8% listrik yang dikonsumsinya menjadi cahaya, dan selebihnya dikeluarkan sebagai panas. Semenetara lampu LED, energi yang dilepaskan sebagai cahaya bisa mencapai 25%, artinya pasnas yang dilepaskan lebih sedikit. Dengan demikian akan mengurangi temperatur di dalam rumah dan mengurangi tagihan listrik.

Mematikan peralatan elektronik yang tidak digunakan

Mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan adalah salah satu cara untuk menghemat energi. Membiarkan alat elektronik dalam kondisi stanby artinya listrik masih digunakan

Atur suhu AC

Mengatur suhu AC minimal 24 derajat membantu mengurangi penggunaan energi

Memanfaatkan Sinar Matahari

Buka gorden dan matikan lampu pada siang hari akan membantu pencahayaan di dalam rumah.

Leave a Reply