HARI MENANAM POHON INDONESIA

Guru dan Kader Simpul Hati berpartisipasi dalam kegiatan HMPI

Hari Menanam Pohon Indonesia ditetapkan setiap tanggal 28 November berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008. Keputusan Presiden tersebut menetapkan empat hal yaitu:

  1. Penetapan 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia
  2. Hari Menanam Pohon Indonesia bukan merupakan hari libur.
  3. Tanggal tersebut adalah awal dimulainya penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia.
  4. Kegiatan menanam pohon seperti poin ketiga dilanjutkan dengan kegiatan menanam pohon selama bulan Desember, sebagai Bulan Menanam Pohon Nasional

Kebijakan presiden ini lahir lahir dengan mempertimbangkan Aksi Penanaman Serentak dan Gerakan Perempuan Tanam Pohon pada tahun 2007 yang membawa dampak baik yaitu berhasil ditanamnya banyak pohon. Setelah itu muncul istilah One Man One Tree (OMOT) yang diharapkan setiap masyarakat dapat menanam pohon minimal satu pohon.  

Pada tahun 2021 ini SMP Negeri Bawang ikut berpartisipasi pada Hari Menanam Pohon Nasional dengan mengusung tema One Teacher One Tree (OTOT). Setiap guru dihimbau untuk membawa minimal satu pohon ke sekolah. Kemudian pohon tersebut dikategorikan sebagai tanaman obat keluarga, tanaman hias, tanaman buah-buahan, dan tanaman peneduh. Harapannya langkah kecil ini dapat diikuti dan dilanjutkan dengan penanaman lain oleh siswa SMP Negeri Bawang di area sekitar tempat tinggalnya.

Pohon merupakan elemen yang penting dalam kehidupan kita. Pohon memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita . Beberapa manfaat dalam menanam pohon antara lain.

1. Mengurangi Dampak Pemanasan Global
Menanam pohon dapat mengurangi dampak pemanasan global. Pohon memiliki kemampuan menyerap emisi karbon yang merupakan penyebab pemanasan global.

2. Sumber Oksigen
Semua makhluk bernapas membutuhkan oksigen dan pohon berfungsi sebagai penyumbang oksigen. Coba bayangkan bagaimana jadinya kita tanpa oksigen?

3. Menyimpan Air dalam Tanah
Pohon mempunyai kemampuan menyimpan air dalam tanah. Air yang disimpan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup lainnya.

4. Menyerap Polusi Udara
Pohon membantu mengurangi polusi udara. Asap-asap hasil kendaraan bermotor akan langsung diserap oleh pohon dan kemudian diproses menjadi oksigen.

5. Memperindah
Pohon membantu memperindah lingkungan sekitar.

6. Menyediakan Tempat Tinggal Hewan
Dengan menanam pohon, kita membantu melestarikan tempat hidup binatang seperti burung, tupai, lebah, dan ular.

7. Mencegah Banjir
Pohon juga membantu penghijauan untuk mencegah banjir serta mengurangi dampak dari hujan asam.

8. Udara Tersebar Merata

Pohon dapat berguna sebagai pemecah sirkulasi angin.
Pemecahan sirkulasi ini supaya udara tersebar merata dalam satu kawasan.

9. Mencegah Erosi
Pohon yang memiliki akar serabut berguna untuk mencegah erosi yang menyebabkan tanah longsor.

Yuuk untuk kelangsungan bumi pertiwi, perbanyak pohon di lingkungan sekitar kita.

Leave a Reply